Tahu Nggak, Pabrik Intel Juga Bisa Bikin Chip ARM, Loh!

0
281

logo detik

Jakarta – Intel dan ARM bisa dibilang adalah kompetitor dalam mendesain chip, namun hal itu tak menutup kemungkinan keduanya untuk bekerja sama.

Buktinya, dalam waktu dekat Intel akan bisa memproduksi chip berbasis ARM dalam unit bisnis produksi chip custom-nya. Chip yang dimaksud dibuat menggunakan basis ARM Artisan Intellectual Property.

Kolaborasi ini menghasilkan chip yang didesain dengan basis ARM yang dibuat menggunakan teknologi 10 nm milik Intel, demikian dikutip detikINET dari Venture Beat, Kamis (18/8/2016).

“Saya pikir ini bisa membuat diferensiasi yang nyata dalam industri. Untukku, hal ini sangatlah masuk akal,” ujar Will Abbey, GM Artisan IP di ARM, dalam gelaran Intel Developer Forum di San Francisco, Amerika Serikat.

Intel dipastikan akan mendapat banyak kesempatan baru karena bisa memproduksi core untuk chip ARM 64bit. Pasalnya chip berbasis ARM banyak digunakan di berbagai perangkat mobile, yang jumlah konsumennya sangat banyak.

Pembuat chip dengan arsitektur ARM tiap tahunnya mengapalkan miliaran chip, dan jelas head to headdengan bisnis chip milik Intel. ARM saat ini dalam proses akuisisi oleh SoftBank, dengan nilai USD 32 miliar.

(asj/fyk)

LEAVE A REPLY