Pemkot Tangerang Selatan Gelar PBB Achievement Award 2016

0
449

logo detik

Jakarta – Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan pemerintah menjadi hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan. Salah satu nya adalah Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disebut PBB. PBB yang sebelumnya dikelola oleh pemerintah pusat, kini dialihkan kepada pemerintah daerah dengan harapan dapat menambah penerimaan pendapatan daerah agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal.

Saat ini, semakin banyak orang yang sadar akan kewajiban membayar PBB di Kota Tangerang Selatan. Hal itu dapat dilihat dari penerimaan PBB dari tahun ke tahun yang terus meningkat. Dalam era digital seperti sekarang ini, masyarakat dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat sehingga diharapkan dapat membentuk masyarakat yang sadar, taat, dan patuh dalam membayar PBB.

Sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat yang taat dan patuh dalam membayar PBB, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangerang Selatan mempersembahkan “PBB Achievement Award 2016” yang diselenggarakan pada malam puncak Hari Jadi ke-8 Kota Tangerang Selatan pada tanggal 26 November 2016 di Lapangan Sunburst BSD.

Penghargaan tersebut terdiri dari 4 (empat) kategori. Pertama, “Golden Tax Achievement Award” yaitu penghargaan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan kriteria perusahaan untuk jenis ketetapan pajak buku V. Penghargaan ini diberikan kepada PT. INDAH KIAT PULP & PAPER,TBK , PT. SURYA TOTO INDONESIA, dan PT. KAWAN LAMA SEJAHTERA (LIVING WORLD).

Kedua, “Lifetime Achievement Award” yaitu penghargaan yang diberikan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dengan kriteria perseorangan jenis Buku Pajak IV dan V atau Ketetapan nilai pajak di atas Rp 2.000.000,- dan Rp 5.000.000,- , sebagai wajib pajak panutan. Penghargaan ini diberikan kepada Muhamad Bantir H. (Alm) untuk kategori Buku Pajak V. Semasa hidupnya beliau berprofesi sebagai supir angkutan. Dengan luas tanah 8.022 m2 yang dimilikinya, beliau tak pernah absen dalam pembayaran PBB sejak awal terbit, hingga kini kedisiplinannya dalam pembayaran PBB diteruskan oleh istri dan anak-anaknya.

Lalu, untuk kategori Buku Pajak IV diberikan kepada Arsadih. Meski sehari-hari hanya berdagang sayur dan beternak kambing, tak menjadikan halangan bagi Arsadih untuk membayar pajak bumi dan bangunan atas tanah dan bangunan miliknya. Dengan lahan miliknya seluas 1660 m2 beliau selalu rajin menanyakan SPPT PBB kepada petugas distribusi setiap tahunnya dan membayar tepat waktu.

Ketiga, “Inspiring Achievement Award” yaitu penghargaan untuk kriteria perseorangan yang khusus diberikan kepada wajib pajak yang memiliki nilai/unsur inspiratif sebagai wajib pajak panutan. Penghargaan ini diberikan kepada Masin Bin Nosin, wajib pajak bumi dan bangunan Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu. Seorang pedagang buah keliling yang merelakan recehan tabungannya untuk membayar pajak bumi dan bangunan atas rumah yang ditinggalinya. Di balik kesederhanaannya, beliau mengajarkan arti Ketaatan akan kewajiban bagi masyarakat lainnya yang lebih mampu dalam membayar pajak.

Keempat, “Platinum Tax Achievement Award” yaitu penghargaan dengan kriteria perseorangan yang lunas pembayaran PBB sebelum jatuh tempo dan tidak memiliki tunggakan, melalui mekanisme pengundian pemenang.

Untuk memberikan kemudahan serta pelayanan secara prima, Pemerintah Kota Tangerang Selatan meluncurkan program penghapusan sanksi administrasi PBB yang berlaku mulai tanggal 26 November 2016 sampai dengan 31 Agustus 2017 dengan ketentuan wajib pajak melunasi PBB tahun 2014 sampai tahun 2016. Program ini mempermudah wajib dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Partisipasi masyarakat dengan membayar pajak merupakan kunci pembangunan yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Sudahkah Anda melunasi PBB?
(adv/adv)

LEAVE A REPLY