Pasukan Imajinasi Masa Depan Yamaha

0
784

Tokyo, KompasOtomotif – Yamaha kembali menunjukkan konsep dengan seri ”GEN” yang sudah memunculkan beberapa model. Kali ini, merek Jepang tersebut menghadirkan 05GEN dan 06GEN, melengkapi kelahiran GEN 01 sampai GEN04 beberapa waktu lalu.

Ya, dalam beberapa tahun terakhir, Yamaha menghadirkan seri konsep yang mereka sebut punya filosofi desain ”Refined Dynamism” atau ”dinamisme yang makin mulus”.

GEN ini termasuk 01GEN-kendaraan roda tiga dual-sport, 02GEN-kursi roda, 03GEN-x dan 03GEN-f untuk motor roda tiga, dan skuter semi–transparan 04GEN.

Dua konsep terbaru, 05GEN adalah sepeda roda tiga, dan 06GEN adalah semacam mobil golf yang disebut Yamaha ”mobile veranda”.

Keduanya didesain untuk memastikan kenyamanan mobilitas jarak dekat dan membuat pengendara tetap terhubung. Duet konsep ini akan ditampilkan pertama kali pada 2-3 Juli 2016 di Toyo Ito Museum of Architecture di Imabari, Shikoku, Jepang.

05GEN mengombinasikan sepeda bertenaga dari Yamaha dengan teknologi leaning multi-wheel, macam Tricity. Dua roda di depan bisa ”rebah” mengikuti gerakan pengemudi saat menikung. Motor elektrik akan menjadi asisten dalam urusan mengayuh, sementara kanopinya melindungi pengendara dari Hujan ringan. 06GEN lebih tampak seperti mobil golf atau perahu. Model ini terinspirasi dari budaya tradisional Jepang. Lantai terbuat dari kayu, menghubungkan semua sisi interior. Tempat duduk dibuat mengelilingi sadel dari pengemudi, memungkinkan penumpang berkomunikasi. Sadel pengemudi itu bisa dicopot sebagai kursi roda.

Model konsep pada dasarnya akan berlabuh pada dua pilihan, diharapkan menjadi kenyataan/ diproduksi pada masa depan. Atau pilihan kedua, meninggalkan kesan meski tak akan diproduksi. Bakal jadi apa konsep-konsep Yamaha ini?

Penulis : Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan
Sumber Motorcycle

LEAVE A REPLY